Minat Gaming Komputer Anak RI Turun Selama Pandemi Corona - Info Solution

Minat Gaming Komputer Anak RI Turun Selama Pandemi Corona

Man with head upside down playing game Free Photo

Hasil riset Kaspersky menunjukkan minat anak di Indonesia pada game komputer menurun selama masa pandemi virus corona Covid-19.

Penurunan ini terjadi dalam tiga bulan terakhir, terutama apabila dibandingkan dengan periode sebelum terjadinya pandemi. Berdasarkan data anonim yang dikumpulkan oleh Kaspersky Security Network (KSN) dari pengguna Kaspersky Safe Kids di platform Windows dan macOS, anak-anak mengalami penurunan minat pada game di komputer pribadi mereka selama masa karantina.

Minat online anak-anak terhadap game komputer mengalami perubahan fluktuatif. Berdasarkan statistik Kaspersky, minat tertinggi game komputer untuk anak-anak di negara ini berada di bulan April sebesar 16,32 persen dan menurun pada bulan Mei menjadi 13,23 persen.

Pada Januari minat anak berada di angka 16,02 persen, angka tersebut menurun hampir 50 persen ke angka 8,95 persen. Pada bulan Maret naik ke angka 11,21 persen, April naik ke angka 16,32 persen, sementara pada Mei turun ke angka 13,23 persen.

“Menurunnya minat pada game di komputer pribadi dapat dijelaskan oleh meningkatnya kebutuhan dalam penggunaannya untuk kegiatan lain. Misalnya, proses pendidikan lebih mudah di akses melalui komputer pribadi daripada di perangkat seluler,” ujar pakar analisis konten web di Kaspersky Anna Larkina lewat keterangan tertulis, Jumat (5/6).

Sementara itu, minat anak pada game komputer di dunia berubah signifikan dalam lima bulan pertama tahun ini. Selama periode Maret hingga Mei 2020, minat dalam kategori ini menurun secara konsisten dibandingkan dengan Januari dan Februari.

Pada Januari minat anak terhadap game komputer berada di angka 15,69 persen, pada Februari angka tersebut menurun ke 15,36 persen. Maret berada di angka 13,94 persen, April menurun ke angka 13,28 persen, pada bulan Mei minat menurun ke angka 13,26 persen.

Penurunan minat anak-anak dalam permainan hanya relevan untuk Windows, karena mereka masih memiliki kecenderungan bermain game di komputer Windows dibandingkan Mac.

“Kita dapat melihat bahwa meskipun anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah, mereka menggunakan komputer dengan bijak dan merasa tidak perlu untuk terjun ke video game ,” kata Larkina.

Sumber: cnnindonesia.com

You May Also Like

About the Author: admin

infosolution.biz adalah tempat belajar blogger pemula dan profesional. Kamu bisa menemukan kami di sosial media berikut Facebook | Youtube | Instagram. Ingin bekerja sama dengan kami, silahkan hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *